Perhiasan yang berbahan dasar emas memang kerap menjadi pilihan sebagai cincin pernikahan. Selain membuat sang pengantin wanita tampak cantik dan elegan, cincin emas juga dalam keadaan darurat bisa menjadi investasi masa depan. Untuk itu, jangan asal beli cincin pernikahan hanya karena tajuknya cincin emas saja. Namun, pertimbangkan juga beberapa hal lainnya agar tidak hanya sekedar menjadi cincin nikah terindah, tapi juga sebagai cincin yang terbaik.

Kenapa Harga Cincin Emas Tidak Sama?

Ada begitu banyak jenis dan harga cincin emas yang dijual di pasaran. Selain Anda harus tahu apa bedanya, Anda juga harus memahami bagaimana cincin yang baik untuk simbol pengikat dua insan dalam pernikahan. Jangan asal beli dan tetap berhati-hati dalam memilih cincin nikah. Adapun masing-masing cincin tersebut harganya berbeda adalah karena sebagai berikut, yaitu :

  1. Reputasi Toko Emas

Pertama, membeli emas di toko yang bereputasi baik harganya akan sangat berbeda dengan membeli emas di toko bereputasi buruk. Hal ini bukan karena toko yang bereputasi baik menaikkan harga jual emas sesuka hatinya, melainkan karena biasanya perhiasan-perhiasan yang mereka jual berkualitas unggulan dengan service terbaik kepada pelanggan.

Tentunya, hal ini akan berbeda ketika Anda datang ke toko emas yang tidak mengedepankan pelayanan konsumen dan hanya menjual perhiasan dengan kualitas ala kadarnya. Selain tidak menarik hati, harganya yang murah pun juga kerap membuat kita ragu dalam membeli. Inilah mengapa, reputasi atau track record toko dalam melayani pembeli dan menjaga kualitasnya harus sangat diperhatikan.

  1. Ukuran Tingkat Kemurnian dan Beratnya

Kedua, harga yang berbeda antara perhiasan satu dengan yang lain adalah karena adanya perbedaan tingkat kemurnian emas dan juga beratnya. Seperti yang Anda ketahui, perhiasan rupanya memiliki beberapa label yang dipasang ketika dijual, yakni mulai dari 10K, 14K, hingga 18K sampai 24K. Label-label ini ternyata bukan sekedar pajangan, melainkan merujuk pada tingkat kemurnian emas.

Jika dalam perdagangan kita mengenal istilah K sebagai ribuan, maka pada dunia perhiasan istilah ini digunakan untuk menyimbolkan Karat (K). Perhiasan dengan label 10K berarti memiliki kandungan emas murni sebesar 10 Karat. Ini berarti, di dalam beberapa bahan penyusun perhiasan itu terdapat kandungan emas murni sebanyak 41,7% dan sisanya sebesar 58,3% diisi oleh bahan-bahan lain.

Begitu juga sebaliknya dengan emas yang berlabel 24K yang mana memiliki kandungan emas murni mencapai 24 Karat atau sama halnya dengan memiliki emas murni di dalamnya sebanyak 99,99% dan hanya 0,01% saja bahan penyusun lainnya. Itulah mengapa, semakin tinggi karatnya, maka semakin mahal pula harga perhiasannya.

cincin pernikahan

  1. Warna Perhiasan

Selama ini, apakah warna emas yang kita tahu? Tentunya, emas identik dengan warna kuning berkilau. Namun rupanya dengan teknologi saat ini, perhiasan juga bisa dibuat dengan macam-macam warna. Mulai dari warna emas asli, putih, hingga warna emas yang terlihat pink, ungu, hingga biru. Sudah pasti, beda warna beda harga karena masing-masing ada tingkat kesulitan dalam membuatnya.

Emas dengan campuran warna yang bervariasi tentu akan lebih mahal harganya dari emas dengan warna natural. Namun Anda tidak perlu terpancing akan tren ini. Pasalnya, sejak dulu hingga sekarang cincin pernikahan tetap identik dengan warna emas kuning dan putih untuk masing-masing pasangan suami istri.

  1. Sertifikat Emas

Terakhir, membeli perhiasan dengan karat yang besar yang mana harganya mencapai jutaan tentu saja cukup riskan jika tidak ada sertifikatnya. Untuk itu, pastikan Anda membeli perhiasan yang mana tokonya memberi Anda sertifikat asli sebagai bukti bahwa Anda sudah membelinya.

Agar aman, Anda bisa membeli emas berkarat besar di toko perhiasan bermerek. Selain kualitasnya terjamin, harga yang dibanderol juga kompetitif serta keasliannya pun tidak bsia diragukan. Bahkan, kadang toko-toko dari perhiasan bermerek tersebut akan memberi Anda kebijakan pengembalian jika suatu saat Anda ingin menjualnya kembali.

Demikian ulasan tentang alasan mengapa cincin pernikahan harganya berbeda antara satu toko dengan toko yang lainnya. Semoga ulasannya bermanfaat.